January 17, 2019

Cara Mengaktifkan Macro di Excel

Beberapa file contoh yang ada di blog ini mengandung macro (VBA) yang kemungkinan tidak bisa langsung dijalankan di program MS Excel setelan default, seperti pada artikel Kamus Warna, Mengubah Warna Cell dengan Macro, Kalender Abadi dan permainan Tebak Angka. File-file yang bisa diunduh di artikel tersebut hanya bisa dijalankan dengan baik jika setelan macro di Excel sudah diaktifkan. Panduan ini ditujukan bagi pengguna yang belum berkenalan dengan file excel yang mengandung macro. Berikut ini petunjuk untuk mengaktifkan macro di program Microsoft Excel.

  • Klik tombol “Office” (Excel 2007) di pojok kiri atas, atau menu “File” (Excel 2010/2013) di kiri atas juga. Klik menu “Excel Option” di kanan bawah (Excel 2007) atau menu “Option” di panel sebelah kiri (Office 2010/2013).
  • Setelah jendela Excel Options terbuka, pilih menu “Trust Center” dan klik tombol “Trust Center Settings”. Di jendela Trust Center, pilih menu “Macro Settings” di panel kiri.
  • Di pilihan yang disediakan, pilih atau aktifkan “Enable all macros (not recommended; potentially dangerous code can run)”.


  • Lanjutkan dengan meng-klik tombol OK.

Info lebih lanjut silahkan tengok Office Support.

1 comments:

  1. Wah aku memang lagi cari tutorial ini, Cara Aktifkan/Enable Macro Excel.
    Sangat membantu sekali buat aku yang pemula pegang komputer.
    Kunjungi juga di sini ya gan https://kompunesia.com.

    ReplyDelete

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7