August 27, 2015

Mencari KPK dan FPB dengan Excel


Yang dimaksud KPK di sini bukanlah Komisi Pemberantasan Korupsi, melainkan Kelipatan Persekutuan terKecil. Sedangkan FPB adalah Faktor Persekutuan terBesar. Menurut Wikipedia, Kelipatan Persekutuan terKecil (KPK) dari dua bilangan adalah bilangan bulat positif terkecil yang dapat dibagi habis oleh kedua bilangan itu. Dalam bahasa Inggris KPK dikenal dengan Least Common Multiple (LCM), sering juga disebut sebagai Lowest Common Multiple (LCM). Sedangkan Faktor Persekutuan terBesar (FPB) dari dua bilangan adalah bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis kedua bilangan itu. Dalam bahasa Inggris FPB dikenal dengan Greatest Common Divisor (GCD), sering djiuga disebut sebagai Greatest Common Factor (GCF).
Untuk mencarinya dengan memanfaatkan Excel, gunakan function yang diberi nama sesuai istilah bahasa Inggrisnya, yaitu LCM dan GCD.

FPB dan KPK

Contoh Soal

Misalnya di cell A1 sampai A3 berisi 3 bilangan yang ingin kita cari KPK dan FPB-nya dan kita tempatkan hasilnya di cell C1 (untuk KPK) dan C2 (untuk FPB). Di cell C1 masukkan formula =LCM(A1:A3), dan di cell C2 masukkan formula =GCD(A1:A3).

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7