September 6, 2015

Memberi Jarak Antar Karakter [UDF]

Lihat contohnya pada gambar di bawah.

Cell A1 berisi teks biasa yang diketikkan secara manual. Sedangkan pada cell A2 didapat dari penggunaan UDF (User-Defined Function) yang saya beri nama RENGGANG. Fungsi dari function RENGGANG ini yaitu untuk memberi jarak spasi antar setiap karakter. Function ini memiliki 2 argumen, yang pertama yaitu teks yang akan direnggangkan, dan yang kedua yaitu jarak spasi yang ingin disisipkan antar setiap karakter. Strukturnya seperti ini =RENGGANG(Teks, [Jarak]). Argumen Teks wajib diisi, bisa diisi dengan teks yang ditulis diantara tanda petik, atau reference ke cell lain. Pada contoh gambar di atas, argumen Teks berupa reference ke cell A1. Sedangkan argumen Jarak sifatnya optional, artinya boleh dikosongi. Jika argumen kedua dikosongi, maka  jarak yang akan disisipkan di setiap karakter hanya sebanyak 1 spasi.



Membuat User-Defined Function

Buka jendela Visual Basic Editor dengan menekan tombol Alt+F11 pada keyboard. Pada jendela VBE, pilih menu Insert>Module. Salin kode berikut dan tempel (copy paste) di sebelah kanan jendela VBE yang masih kosong.
Option Explicit

Public Function RENGGANG(Teks As String, Optional jarak As Integer)
    Dim teksBaru As String
    Dim panjang As Integer
    Dim i As Integer, j As Integer
    
    panjang = Len(Teks)
    If jarak = 0 Then jarak = 1
    
    For i = 1 To panjang
        teksBaru = teksBaru & Mid(Teks, i, 1)
        If i = panjang Then Exit For
        For j = 1 To jarak
            teksBaru = teksBaru & Chr(32)
        Next j
    Next i
    
    RENGGANG = teksBaru

End Function




Menggunakan UDF di worksheet

Pada contoh di gambar paling atas, di cell A1 saya masukkan secara manual teks "Memberi jarak antar karakter". Di cell A2 saya masukkan formula =RENGGANG(A1,2). Atau bisa juga misalnya di cell A3 kita masukkan formula =RENGGANG("Memberi jarak antar karakter",2). Kedua formula tersebut akan memberikan hasil yang sama. Download contoh file.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7