May 18, 2016

Kalender Abadi (Dilengkapi Hari Libur Dinamis)

Fitur utama dari kalender abadi ini yaitu adanya penandaan hari libur nasional secara otomatis. Tingkat kesulitan terutama terletak pada penandaan hari libur islam yang memang selalu berubah (bergeser maju) setiap tahun dalam kalender masehi. Di excel sendiri ada fitur untuk mengkonversi tanggal hijriah ke masehi, bukan dengan menggunakan formula melainkan memanipulasi format cell. Tapi saya belum menemukan adanya formula yang secara khusus bisa mengubah tanggal masehi ke hijriah. Dan itu artinya saya harus membuat tabel besar yang berisi hari-hari libur islam sepanjang tahun. Selain membuat ukuran file menjadi besar, penggunaan tabel ini akan membuat kalender menjadi terbatas beberapa tahun saja, sesuai jumlah tahun yang ada di tabel. Karena itu saya mencoba memanfaatkan VBA. Setelah searching saya menemukan function VBA untuk mengkonversi tanggal masehi ke hijriah.

kalender-abadi
Kalender abadi

Download kalender abadi yang dilengkapi dengan hari libur nasional. Untuk bisa menggunakannya, aktifkan terlebih dulu macro di program Excelnya. Caranya bisa disimak di "Cara Mengaktifkan Macro di Excel".

Formulasi yang digunakan untuk meng-generate kalender bukan saya yang membuatnya, saya hanya menambahkan hari-hari libur nasional yang ditandai dengan font warna merah.
Perlu diketahui pula, hari-hari libur yang didasarkan pada siklus bulan atau berpatokan pada kalender hijriah yang terdapat di kalender abadi ini tidak bisa dijadikan patokan/pedoman untuk menentukan kapan libur sekolah atau libur kerja. Karena setelah saya bandingkan dengan kalender resmi yang sudah tercetak dari tahun 2010 sampai 2016, hari-hari libur tersebut tidak selalu sama. Di satu tahun sama, tapi di tahun berikutnya ada selisih (walaupun selisihnya maksimal hanya 1 hari). Dan sepertinya hal ini memang tidak bisa dihindari mengingat pergantian hari pada kalender masehi dimulai pada pukul 00:00, sedangkan kalender hijriah dimulai setelah matahari terbenam. Sehingga dalam 1 tanggal dalam kalender masehi bisa terdapat 2 tanggal dalam kalender hijriah dan sebaliknya. Tapi setidaknya dari kalender ini kita bisa mengetahui ada berapa hari libur yang ada di bulan tertentu.

2 comments:

  1. Keren mas bisa sampai buatin model seperti ini. Bermanfaat untuk belajar tentang VBA juga.
    Terima kasih atas sharing ilmunya

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih banyak mas, semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7