January 7, 2019

Contoh Penggunaan Form Control Scroll Bar

Salah satu contoh penggunaan scroll bar pada Form Controls yaitu untuk menampilkan daftar yang dapat digulir atau kalau di-inggris-kan menjadi scrollable list. Jadi misal kita punya data yang jumlahnya puluhan, ratusan atau bahkan ribuan. Nah, daripada kita menampilkan semua data/daftar dalam satu layar, lebih elok kalau hanya ditampilkan 10 data saja tapi daftar itu bisa digulir naik atau turun. Lihat contoh gambar di bawah untuk lebih jelasnya.



Sebelum lanjut, pastikan menu Developer sudah muncul di MS Excel. Kalau belum ada, aktifkan dulu dengan cara klik tab “File” di pojok kiri atas lalu pilih “Option”. Pada jendela Excel Option, pilih “Customize Ribbon” di panel sebelah kiri, dan beri tanda centang opsi “Developer”.



Setelah menu Developer aktif, Form Controls bisa diakses dengan mengklik tombol “Insert”. Di situ akan muncul anggota dari Form Controls, yaitu Button, Combo Box, Spin Button, Option Button, List Box, Check Box dan Scroll Bar.

Lanjut ke contoh penggunaan scroll bar. Misal di Sheet1 saya punya table data “Corruption Perceptions Index 2017“ yang berisi daftar 180 negara dengan masing-masing indexnya.  Data ini saya letakkan di cell A2 sampai I181, dimana di cell A1:I1 berisi header. Di Sheet2 saya kita coba tampilkan cuplikan 10 negara dari daftar tersebut, dimana cuplikan itu bersifat dinamis bisa digeser naik turun dengan memanfaatkan scroll bar. Berikut langkah-langkah pembuatannya.
  1. Buat scroll bar vertikal dengan meng-klik menu Developer>Insert>Form Controls. Klik kanan pada scroll bar tersebut dan pilih menu “Format Control…” untuk mengubah properties-nya. Pada jendela Format Control ubah nilainya seperti pada gambar di bawah.


  2. Setiap kali kita klik tanda segitiga pada scroll bar ini, maka nilai pada cell B2 akan ikut berubah, kisarannya antara 0 sampai 170. Kenapa 170? Karena jumlah data yang kita punya ada 180, dan jumlah data yang ingin dicuplik ada 10, maka 180-10. Kalau jumlah data yang ingin ditampilkan 20, maka Maximum value-nya diubah jadi 160.

  3. Buat kolom bantu di cell A3 sampai A12. Di cell A3 masukkan formula =ROWS($A$3:A3). Copy cell A3 dan paste ke cell A4 sampai A12. Sebenarnya di cell A3:A12 ini kita masukkan angka secara manual dari 1 sampai 10 juga bisa.

  4. Selanjutnya, gunakan formula INDEX di cell C3 sampai K12. Di cell C3 masukkan formula =INDEX(Sheet1!$A$2:$I$181;$A3+$B$2;1). Copy cell C3 dan paste sampai ke cell C12. Berikutnya, copy cell C3 dan paste ke D3. Modif rumusnya menjadi =INDEX(Sheet1!$A$2:$I$181;$A3+$B$2;2), lalu copy paste sampai D12. Ulangi langkah tersebut sampai kolom K dimana di cell K3 formulanya menjadi =INDEX(Sheet1!$A$2:$I$181;$A3+$B$2;9).
Download file contoh penggunaan scroll bar di Google Drive.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7