January 12, 2019

Duet Maut Fungsi INDEX dan MATCH

Kolaborasi fungsi INDEX dan MATCH biasanya digunakan untuk menanggulangi keterbatasan fungsi VLOOKUP. Kelemahan fungsi VLOOKUP diantaranya yaitu dia hanya efektif untuk mencari data dimana yang menjadi kata kuncinya sudah diurutkan menurut abjad. Selain itu dia tidak bisa digunakan untuk menampilkan data yang berada di sebelah kiri dari data yang menjadi kata kunci, dengan kata lain, data yang menjadi kata kuncinya harus berada di kolom paling kiri.

Sebagai contoh kita gunakan tabel yang sama dengan tabel pada “Contoh Penggunaan Form Control Scroll Bar”. Di Sheet1 ada tabel daftar skor CPI (Corruption Perceptions Index) dari 180 negara. Tabel itu diurutkan berdasarkan rangking, bukan nama negara. Misal kita ingin mengetahui skor CPI sebuah negara dengan memasukkan nama negara sebagai kata kunci. Maka formula VLOOKUP(NAMA_NEGARA;TABEL;NOMOR_KOLOM) akan menghasilkan hasil yang tidak akurat, karena nama negara di dalam tabel tidak diurutkan berdasarkan abjad. Begitu juga jika kita menginginkan rangking yang menjadi outputnya, maka hasilnya akan error karena rangking terletak di sebelah kiri nama negara.
Untuk mengatasi keterbatasan VLOOKUP itu maka kita gunakan fungsi INDEX dan MATCH. Di Sheet2 cell A2 berisi nama negara yang dijadikan kata kunci. Di cell A2 ini saya terapkan Data Validation sehingga jika cell A2 ini di-klik maka akan muncul simbol segitiga terbalik, dan jika simbol ini di-klik maka akan muncul drop-down list yang berisi 180 nama negara. Di cell B2 kita ingin menampilkan rangking dari negara yang sudah dipilih di cell A2. Maka di cell B2 kita masukkan formula =INDEX(Sheet1!$A$2:$B$181;MATCH($A$2;Sheet1!$B$2:$B$181;0);1).
Di cell C2 kita coba menampilkan skornya dengan menggunakan fungsi VLOOKUP. Ternyata hasilnya sangat tidak akurat. Bandingkan dengan penggunaan fungsi INDEX dan MATCH yang ada di cell D2.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7