March 8, 2017

Form Absensi Dinamis

Form absensi ini bisa dipakai setiap bulan dengan hanya mengubah bulan dan tahun yang bisa diubah melalui spin button. Tanggal dan harinya akan secara otomatis menyesuaikan sesuai dengan bulan dan tahun yang diinginkan. Dilengkapi juga penanda hari minggu yang dibuat dengan memanfaatkan conditional formatting. Berikut akan dijelaskan sedikit bagaimana cara membuatnya.


Yang pertama membuat spin button untuk mengubah bulan sehingga kita tidak perlu mengetik nama bulan secara manual. Langkah pertama buatlah daftar nama bulan terlebih dahulu di Sheet2, Sheet2 ini nantinya akan di-hidden karena dipakai untuk bantuan saja.


Setelah daftar nama bulan dibuat, beralih lagi ke Sheet1. Buatlah spin button melalui menu Developer > Insert > Form Control. Kalau menu Developer tidak ada di excel, bisa diaktifkan melalui menu File > Option pada bagian Customize Ribbon. Di sebelah kanan beri tanda centang menu Developer.


Klik icon spin button dan drag di dalam cell untuk menambahkan spin button. Klik kanan pada spin button yang sudah dibuat dan pilih menu Format Control. Aktifkan tab Control, masukkan minimum value 1 dan maximum value 12. Pada bagian cell link masukkan Sheet2!$B$1.



Kalau tombol spin button ini kita klik, maka seharusnya nilai cell B1 di Sheet2 akan berubah. Selanjutnya, pada Sheet1 di cell C3, masukkan formula =INDIRECT("Sheet2!A"&Sheet2!B1). Sekarang coba klik tombol spin button, kalau langkahnya benar seharusnya nilai cell C3 akan ikut berubah menampilkan nama-nama bulan. Langkah berikutnya, buat spin button kedua untuk mengubah nilai tahun. Caranya sama dengan di atas, hanya nilai dari minimum value, maximum value dan cell link-nya yang berbeda.


Seperti ini penampakan dari 2 spin button yang sudah dibuat.


Langkah selanjutnya membuat tabel form absensi. Bentuk tabel dan formula-formula yang terlibat bisa dilihat sendiri di file contoh “Form Absensi Dinamis”. Di tabel ini juga diberlakukan conditional formatting untuk menandai hari minggu, jika hari bertepatan dengan hari minggu maka kolom isian akan diblok abu-abu yang artinya boleh dikosongi.


Supaya formula dan conditional formatting-nya tetap terjaga ketika ada penambahan baris/jumlah murid, maka lebih baik gunakan copy paste, jangan gunakan insert rows. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah.


Akan lebih joss lagi jika form absensi dinamis ini ditambahkan dengan kalender abadi yang disertai hari libur nasional. Download form absensi dinamis.

7 comments:

  1. Ijin Download ya gan. Trims sharing ilmunya

    ReplyDelete
  2. Terimakasih ilmunya, sy juga ijin download...

    ReplyDelete
  3. Ada tutorial bikinya dari 0 mas, pengen belajar bisa bikin

    ReplyDelete
  4. Cara memerahkan hari sabtu sama minggu gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditambahkan conditional formatting seperti buat hari minggu, cuma beda di formulanya. di bagian "Format values where this formula is true" diganti menjadi =WEEKDAY(C$7)=7

      Delete
  5. IJIN DOWNLOAD UNTUK PEMBELAJARAN CUCU SAYA, THANKS OM

    ReplyDelete

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7