March 10, 2017

Memainkan Audio di Excel

Dengan fitur conditional formatting dari Excel, kita bisa secara visual segera mengetahui bahwa suatu kondisi telah tercapai. Contohnya pada pada artikel “Memantau tanggal kadaluarsa” atau "Membuat TTS di Excel", secara visual kita langsung bisa mengetahui bahwa suatu produk sudah memasuki tanggal kadaluarsanya atau belum. Selain secara visual, ada kalanya juga kita menginginkan suatu penanda atau pengingat yang berupa suara. Sayangnya, belum ada function di Excel yang secara langsung bisa memainkan suara. Untuk itu kita membutuhkan bantuan macro untuk bisa memainkan file audio.



Buka jendela VBA dengan menekan tombol Alt+F11. Pilih menu Insert < Module. Di jendela procedure , masukkan macro di bawah.



Function Tung() As String
    Beep
    Tung = ""
End Function

Kembali ke jendela lembar kerja Excel, misal jika nilai di cell A1 lebih dari 100, maka akan keluar suara pengingat. Di cell B1 kita masukkan formula =IF(A1>100;Tung();""). Sekarang coba masukkan sembarang angka di cell A1, jika nilai yang anda masukkan lebih dari 100, maka akan keluar suara dari komputer anda. Atau bisa juga suaranya diaktivasi melalui tombol. Tambahkan procedure berikut di bawah UDF (User-defined Function) yang sudah dibuat.


Sub Mainkan()
Tung
End Sub

Pilih menu Developer < Insert < Button (form control). Di jendela Assign Macro yang muncul pilih sub “Mainkan” dan klik OK.
Bagaimana kalau kita ingin memainkan suara selain suara standar bawaan windows? Function-nya berbeda dengan yang di atas. Tambahkan lagi module baru dan masukkan kode di bawah ini.


Private Declare Function sndPlaySound32 _
    Lib "winmm.dll" _
    Alias "sndPlaySoundA" ( _
        ByVal lpszSoundName As String, _
        ByVal uFlags As Long) As Long
        
Sub Mainkan2()
sndPlaySound32 ThisWorkbook.Path & "\tes.wav", &H1
End Sub

Macro di atas akan memainkan file audio dengan nama tes.wav yang berada dalam satu folder dengan file excel-nya. Ganti “\tes.wav” dengan file lain atau file audio yang berada di folder yang berbeda dengan file excel-nya. Setelah itu, buat tombol baru lagi dan arahkan macronya ke “Mainkan2”. Download file excel Memainkan Audio.

2 comments:

  1. Mantap.... Cell A1 ketik angka diatas 100 bunyinya "Tuing..!". Gimana caranya agar bunyinya sprti musik one tube milioner (Sub Mainkan2).

    ReplyDelete
  2. Ga bisa diganti dengan OK gitu mas?

    ReplyDelete

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7