February 25, 2017

Membuat Simbol Rating

Simbol rating yang dimaksud di sini adalah bentuk lingkaran (biasanya berjumlah 5 tergantung skalanya) dimana tiap-tiap lingkaran/bulatan ini ada yang berwarna penuh, berwarna di bagian tepinya saja, dan berwarna separuh tergantung dari skor ratingnya. Misal jika ratingnya 5, maka semua kelima bulatannya akan berwarna penuh, jika skornya 3, maka 3 bulatan akan penuh berisi warna dan yang 2 hanya berwarna di bagian tepinya saja.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah.


Yang akan dibahas di sini yaitu cara untuk membuat simbol rating akan berubah otomatis pada saat kita mengubah ratingnya. Pertama siapkan dulu datanya seperti gambar di bawah (angka yang saya masukkan di kolom rating bukan pendapat pribadi mengenai merk smartphone, tapi itu angka asal yang saya masukkan sambil tutup mata).


Setelah itu, kita buat tabel bantuan yang berisi berapa jumlah masing-masing bulatan untuk setiap rating. Misal jika ratingnya 2,5 maka jumlah bulatan penuhnya ada 2, 1 bulatan setengah penuh dan 2 bulatan tidak penuh. Untuk menghitung berapa jumlah bulatan yang berwarna penuh kita masukkan formula =CEILING(C5;0,5). Function “CEILING” yaitu function yang digunakan untuk pembulatan ke atas, dalam hal ini yang ingin kita bulatkan adalah angka rating, dan skala pembulatannya sebesar 0,5.


Untuk menghitung jumlah bulatan yang setengah penuh gunakan formula =CEILING(F5-INT(F5);1). Sel F5 ini berisi angka yang menunjukkan jumlah bulatan penuh. Function “INT” digunakan untuk membulatkan ke bawah. Formula INT(2,5) akan menghasilkan 2.


Untuk menghitung berapa jumlah bulatan kosong, kita gunakan formula =INT(5-F5). Selanjutnya copy paste formula tersebut ke bawah untuk data merk smartphone yang lainnya. Bagian terakhir yaitu menambahkan simbol rating berdasarkan data yang sudah dibuat di tabel bantuan. Di sel D5 kita masukkan formula =REPT(CHAR(152);F5)&REPT(CHAR(155);G5)&REPT(CHAR(153);H5). Function “REPT” atau kependekan dari “Repeat” berfungsi untuk mengulang karakter atau teks sebanyak n kali. Fungsi “CHAR” berfungsi untuk menampilkan karakter yang ditentukan oleh nomor kode yang dimasukkan sebagai argumennya. CHAR(152) akan menampilkan simbol bulatan penuh, CHAR(155) akan menampilkan bulatan setengah penuh dan CHAR(153) akan menampilkan bulatan tidak penuh. Dari mana kita dapatkan angka-angka ini?
Pilih menu Insert > Symbol. Di combo box Font, pilih Wingdings 2. Dari daftar karakter yang ada, cari simbol bulatan penuh, setengah penuh dan bulatan kosong. Perhatikan kode karakternya.


Setelah dimasukkan formula di atas di sel D5, karakter yang muncul masih berantakan belum sesuai yang diharapkan.


Untuk menampilkan simbol bulatan seperti yang diharapkan, ubah font standar di sel D5 dengan “Wingdings 2”.
Langkah terakhir untuk mempermanis tampilan, yaitu mengubah warna simbol menjadi merah jika nilai ratingnya di bawah 3. Untuk mengaplikasikan ini kita gunakan Conditional Formatting seperti pada artikel “Memantau Tanggal Kadaluarsa dengan Conditional Formatting”. Caranya blok dulu seluruh simbol kolom, lalu pilih menu Home > Conditional Formatting > New Rule… Pilih pilihan “Use a formula to determine which cells to format”. Di kotak “Format value where this formula is true:“ masukkan formula =C5<3. Tekan tombol format dan pilih warna font sesuai selera.


Jika langkahnya benar, maka item yang ratingnya di bawah 3 akan berwarna merah.


Download file Excel "Membuat simbol rating"

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7