February 13, 2017

Memberi Nomor Urut Secara Otomatis pada Tabel

Sebagian besar dari kita mungkin sering memberi nomor urut pada tabel secara manual, yaitu dengan memasukkan angka 1, angka 2, kemudian mem-blok kedua cell yang berisi kedua angka tersebut untuk kemudian di-drag ke bawah atau ke samping. Cara tersebut tidaklah salah. Tapi akan muncul kerepotan ketika ada baris yang ingin dihapus, yaitu kita harus mengulang proses penomoran. Ada 2 cara yang sering saya gunakan untuk memberi penomoran secara otomatis.

  1. Anggaplah baris paling pertama berisi header, maka di baris kedua dimana penomoran dimulai kita isi dengan formula =ROW()-1. Jika penomoran dimulai pada baris ketiga, maka angka 1 tinggal diganti dengan 2, dan seterusnya. Formula ini kemudian tinggal di-copy saja ke bawa seperlunya. Ketika kita menggunakan sebuah baris atau lebih, maka penomoran tidak berantakan atau tetap berurutan. Kelemahan menggunakan fungsi ROW ini yaitu ketika kita menerapkan Filter pada tabel. Ketika kita menyembunyikan beberapa baris menggunakan fitur Filter atau menyembunyikan secara manual, maka urutan nomornya jadi berantakan.

  2. Alternatif kedua yaitu menggunakan fungsi SUBTOTAL. Misal kita ingin memulai penomoran di baris kedua kolom pertama, maka di cell A2 kita masukkan formula =SUBTOTAL(3,$B$2:B2). Kolom B harus berisi data yang tidak boleh kosong, atau kolom B bisa diganti dengan kolom lain yang pasti berisi data. Kenapa demikian? Karena fungsi COUNTA yang digunakan di dalam fungsi SUBTOTAL hanya menghitung cell yang tidak kosong/berisi data. Sedangkan fungsi SUBTOTAL ini sendiri memang disediakan oleh Excel untuk digunakan pada saat kita ingin mengabaikan baris-baris yang disembunyikan. Ada hal yang kurang beres jika kita menyembunyikan baris dengan fitur Filter, yaitu di baris terakhir akan muncul data/baris yang seharusnya tidak ditampilkan. Untuk mengatasinya, ubah formula menjadi =(SUBTOTAL(3,$B$2:B2)).

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7