August 10, 2021

Kalender Abadi Mini

Sesuai namanya, kalender abadi ini hampir sama dengan kalender abadi yang sudah pernah saya bagi di blog ini. Hanya saja di kalender abadi versi mini ini tidak dilengkapi dengan hari libur dinamis dan sesuai namanya,bentuknya juga mini, hanya terdiri dari 1 tabel yang di dalamnya memuat tanggal (1-31), hari (senin-minggu), bulan (januari-desember) dan tahun. Sebagai dislaimer, kalender ini bukan saya yang membuatnya. Saya nemunya di channel youtube chandoo.org. Saya unduh dari situ, lalu saya ubah sedikit make up-nya supaya lebih nyaman di mata saya. Saya tambahkan juga spin button untuk mengganti tahun.

kalender-abadi-mini


Seperti bisa dilihat di gambar, kalender ini sangat praktis sehingga bisa dicetak dan kita simpan di tas atau dompet selama setahun. Kalau ganti tahun, tinggal ubah tahunnya dan cetak lagi. Masih merasa ribet? Ya udah…pake smartphone aja kalau begitu.

Cara bacanya bagaimana? Misal sekarang ini bulan agustus tahun 2021. Kita lihat kolom nama hari yang berada di bawah nama bulan agustus. Dari situ kita bisa tahu kalau bulan agustus tahun 2021 tanggal 1 nya dimulai di hari minggu. Misal kita ingin tahu tanggal 17 agustus 2021 jatuh pada hari apa. Kita cari tanggal 17 di bagian kiri, tarik garis menyamping ke kanan sampai bersinggungan dengan kolom bulan agustus. Dan ketemulah bahwa tanggal 17 agustus 2021 itu jatuh pada hari selasa.

Karena pengaturan regional di komputer saya memakai Indonesia, maka di nama hari dan bulan otomatis menggunakan bahasa Indonesia. Kalau Regional Settings komputernya menggunakan English, maka nama bulan dan hari akan menyesuaikan.

Download kalender abadi mini.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7