May 7, 2019

Konversi ke dan dari Angka Romawi

Secara garis besar, angka romawi disimbolkan oleh huruf alfabet sebagai berikut:

I = 1 ; V = 5 ; X = 10 ; L = 50 ; C = 100 ; D = 500 ; M = 1000

Mengenai bagaimana aturan penulisan atau pembacaan angka romawi, silahkan singgah ke blog matematikus yang membahas tentang angka romawi. Angka romawi hingga saat ini masih digunakan, misalnya untuk penulisan bab dalam buku, penulisan tahun produksi dalam kredit film dan teks penting seperti undang-undang.

Konversi ke angka romawi

Microsoft Excel menyediakan fungsi built-in yang bisa digunakan untuk mengubah angka biasa biasa (dalam bahasa Excel disebut arabic numbers). Fungsi itu yaitu ROMAN(). Untuk menggunakannya kita tinggal memasukkan formula =ROMAN(angka). Angka di sini bisa ditulis langsung atau bisa juga diisi dengan referensi cell yang mengandung angka yang ingin dikonversi.


Perlu dicatat bahwa fungsi ROMAN ini hanya bisa mengkonversi angka maksimal sampai 3999. Kalau kita memasukkan formula =ROMAN(4000), maka hasilnya #VALUE!.

Konversi dari angka romawi

Untuk melakukan hal yang sebaliknya, yaitu mengubah angka romawi menjadi angka konvensional, Excel juga sudah menyediakan fungsinya yaitu ARABIC(). Tapi fungsi ini baru tersedia di Microsoft Excel versi 2013 ke atas. Walaupun di MS Excel versi 2010 ke bawah belum disertakan fungsi ini, bukan berarti mengkonversi angka romawi ke angka biasa tidak bisa dilakukan. Mengkonversi dari angka romawi bisa dilakukan dengan mengkombinasikan beberapa fungsi.


Bisa dilihat pada gambar, bahwa fungsi yang digunakan untuk mengkonversi angka romawi menjadi angka konvensional yaitu =MATCH(A1;INDEX(ROMAN(ROW(INDIRECT("1:3999")));0);0). Pada dasarnya formula ini akan me-listing dulu dalam bentuk array bilangan atau angka dari 1 sampai 3999 dengan bantuan fungsi ROW(INDIRECT(“1:3999”)). Angka ini kemudian diubah menjadi angka romawi untuk kemudian di-index. Jadi kalau kita memblok bagian ROMAN(ROW(INDIRECT("1:3999"))) pada formula bar dan menekan tombol F9, maka akan muncul =MATCH(A1;INDEX({"I";"II";"III";"IV";"V";"VI";"VII";"VIII";"IX";"X";"XI";"XII";"XIII";"XIV";"XV";"XVI";"XVII";"XVIII";"XIX";"XX";"XXI……dst sampai “MMMCMXCIX”};0);0). Kemudian tugas terakhir ada di fungsi MATCH, dia akan mencocokkan/mencari angka di cell A1 dengan data yang sudah di-listing dalam array (yaitu “I”;”II”;”III”;dst…), untuk kemudian ditampilkan posisi relatifnya. Jadi misal cell A1 berisi angka romawi “III”, di array tersebut dia berada di urutan ketiga, maka fungi MATCH akan menghasilkan angka 3.

Untuk konversi angka yang lebih dari 3999, ada tool online Calculateme yang bisa dimanfaatkan. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7