May 1, 2019

Mengubah Kapitalisasi (huruf besar/kecil) Teks di Excel

Microsoft Excel memiliki 3 function/fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk memanipulasi kapitalisasi (huruf besar/kecil) teks, yaitu UPPER, LOWER dan PROPER. Ketiga fungsi tersebut hanya memiliki 1 argumen yaitu teks yang ingin dimanipulasi kapitalisasinya, atau referensi ke cell yang mengandung teks yang ingin dimanipulasi kapitalisasinya.



Bisa diperhatikan pada gambar efek yang terjadi untuk masing-masing fungsi. Fungsi UPPER berfungsi untuk mengubah seluruh huruf dalam teks menjadi huruf besar/kapital. Fungsi LOWER kebalikan dari fungsi UPPER, dia akan mengubah seluruh huruf dalam teks menjadi huruf kecil. Sedangkan PROPER berfungsi untuk mengubah huruf awal pada setiap kata menjadi kapital.

Lalu bagaimana caranya mengubah hanya huruf pertama saja dalam sebuah kalimat menjadi huruf kapital? Kalau di MS Word ini disebutnya “Sentence case”. Untuk keperluan ini, kita memanfaatkan kombinasi fungsi UPPER dan LOWER dalam satu formula. Pertama, untuk mengubah huruf pertama menjadi kapital kita gunakan formula =UPPER(LEFT(A1;1)). Fungsi LEFT(A1;1) di sini berfungsi mengekstrak karakter di cell A1 sebanyak 1 karakter dimulai dari yang paling kiri. Pada contoh di atas fungsi LEFT(A1;1) menghasilkan karakter “M”. Karakter inilah yang diubah menjadi huruf kapital dengan fungsi UPPER.

Formula di atas kemudian dikombinasikan dengan formula LOWER(RIGHT(A1;LEN(A1)-1)). Ada 3 formula yang terlibat di sini, yaitu LOWER, RIGHT dan LEN. Fungsi LEN(A1) berfungsi menghitung ada berapa karakter yang ada di cell A1, dalam hal ini 55. Fungsi LEN(A1)-1 akan menghasilkan 54. Selanjutnya fungsi RIGHT sama seperti fungsi LEFT, dia akan mengekstrak karakter di cell A1 sebanyak 54 karakter dimulai dari yang paling kanan. Jadi fungsi RIGHT(A1;LEN(A1)-1) akan menghasilkan karakter “engubah kapitalisasi (huruf besar/kecil) teks di Excel”. Setelah itu, karakter ini akan diubah menjadi huruf kecil semua dengan fungsi LOWER.

Dan terakhir, kedua fungsi ini UPPER dan LOWER dipadukan ke dalam satu formula menjadi =UPPER(LEFT(A1;1))&LOWER(RIGHT(A1;LEN(A1)-1)).


Di contoh file kwitansi pada artikel “Mengubah Angka Menjadi Teks Terbilang”, output teks terbilang yang ada di situ saya tampilkan dengan fungsi PROPER. Perpaduan fungsi UPPER dan LOWER di atas bisa mungkin bisa menjadi alternatif penulisan teks terbilang.


0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7