August 31, 2015

Memantau Tanggal Kadaluarsa dengan Conditional Formatting

Setiap produk obat dan makanan pasti memiliki tanggal kadaluarsa atau istilah inggrisnya expired date. Ada kalanya penjual produk tersebut tidak sempat atau lupa untuk mengecek tanggal kadaluarsa produk yang dijualnya. Tips sederhana berikut ini bermaksud untuk membantu kita memantau tanggal kadaluarsa suatu produk dengan memanfaatkan fitur Conditional Formatting pada Excel. Sederhananya, jika tanggal kadaluarsa tinggal 90 hari lagi atau kurang, maka cell akan berwarna kuning. Dengan begitu jika produk tersebut diorder dari distributor, maka kita bisa siap-siap me-retur produk tersebut ke distributor. Jika jarak tanggal kadaluarsa lebih dari 90 hari dari tanggal hari ini, maka cell akan berwarna hijau. Dan jika tanggal hari ini sudah memasuki tanggal kadaluarsa atau tanggal kadaluarsa telah lewat, maka cell akan berwarna merah.




Perhatikan gambar tabel di bawah.


Kolom B berisi tanggal kadaluarsa dari item produk yang ada di kolom A. Di kolom C isinya adalah selisih hari dari hari ini sampai tanggal kadaluarsa. Nilai di kolom C didapat dengan menggunakan formula =B2-TODAY(). Karena contoh file ini dibuat pada tanggal 31 Agustus 2015, maka today akan bernilai 31/08/2015, yang jika dicari selisihnya sampai tanggal 15/08/2017 maka akan didapat 715 hari. Dan selama bumi masih berotasi yang menyebabkan hari berganti dan komputer anda cukup cerdas untuk mengetahui pergantian itu, maka nilai 715 itu akan terus berubah dari hari ke hari.
Nilai di kolom C ini sebenarnya sudah cukup untuk memantau tanggal kadaluarsa, jika nilainya 0 atau negatif maka produk yang sebaris sudah memasuki tanggal kadaluarsa. Tapi supaya lebih seru sedikit, kita anggap saja kalau kolom C tidak eksis, dan kita manfaatkan Conditional Fomatting langsung pada kolom B. Caranya sebagai berikut:

  • Blok cell B2 sampai B9. Pilih menu Home > Conditional Formatting > New Rule. Langkah ini akan kita lakukan sebanyak 3 kali, yaitu untuk kondisi ketika jarak tanggal kadaluarsa >90 hari, <=90 hari dan <=0 hari.

  • Untuk kondisi pertama, yaitu ketika jarak tanggal kadaluarsa >90 hari dari hari ini, pada jendela New Formatting Rule pilih "Use a formula to determine which cells to format" pada bagian Select a Rule Type:. Masukkan formula =AND(B2<>"";B2>TODAY()+90) pada bagian Format values where this formula is true:. Klik tombol Format, pada jendela Format Cells, pilih tab Fill, lalu pilih warna hijau dan klik OK. Klik OK lagi pada jendela New Formatting Rule.


  • Ulangi langkah di atas untuk kondisi kedua, yaitu ketika jarak tanggal kadaluarsa kurang dari atau sama dengan 90 hari dari hari ini. Ubah formula pada langkah sebelumnya dengan formula =AND(B2<>"";B2<=TODAY()+90). Dan ganti warna hijau di atas dengan warna kuning.


  • Untuk kondisi ketiga yaitu ketika tanggal hari ini sudah memasuki tanggal kadaluarsa. Ulangi langkah sebelumnya, ubah formulanya dengan =AND(B2<>"";B2<=TODAY()) dan ganti warna cell dengan merah.


Hasil akhirnya akan terlihat seperti penampakan di bawah.


Semoga tips di atas bermanfaat, baik untuk memantau tanggal kadaluarsa suatu produk atau untuk hal yang bermanfaat lainnya. Download file contohnya di sini.

20 comments:

  1. Mas Mau tanya, ini formatnya 1 cell ya, jadi kita rumus tiap2 cell? klo cellnya banyak gmn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di kolom B tinggal di-copy formatnya saja ke bawah pakai format painter. yang kolom C tinggal di-copy ke bawah

      Delete
  2. Mas Kris,
    saya sudah berapa kali mencoba rumus tanggal kadaluwarsa tapi tidak berhasil

    ReplyDelete
  3. mas mau tanya, gimana formatnya formulanya klo ada beberapa strata?
    misal ada diantara 0 dan 90 hari itu ada <=30 dan <= 60 hari
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumusnya sama saja tinggal ganti 90 dengan 30 atau 60. Di jendela conditional formatting rules manager sesuaikan urutannya dimana yang paling pendek (=AND(B2<>"";B2<=TODAY()+30)) diletakkan di posisi paling atas, di bawahnya yang 60 hari diikuti yg 90 hari

      Delete
    2. Siapp terima kasih pencerahannya, sudah berhasil saya coba.

      Delete
  4. Mass kalo misalnya patokan tanggal nya bukan TODAY tetapi tanggal tertentu yang kita inginkan bagaimana format formulanya ?

    ReplyDelete
  5. RUMUSNYA SALAH ,,GAK BERHASIL

    ReplyDelete
  6. RUMUSNYA SALAH ,,GAK BERHASIL

    ReplyDelete
  7. Sore...
    mau tanya nih mas di luar rumus itu..
    sy punya contoh kasus 1.
    misalnya sy punya data kelompok 1,2,3, nah setiap kelompok itu ada 3 jenis data ada approve,decline,on process. nah contoh sy mau tau jumlah approve dan decline kelompok 1 nah itu gimana ya mas cara'a?...
    approve decline on process
    1
    2
    3

    nah contoh tabel'a spt itu.

    mohon bantuannya ya mas.thank's

    ReplyDelete
  8. penyedot upil mau dong gan

    ReplyDelete
  9. Terima kasih min...sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Mas mau tanya kalau rumus untuk:
    Stock 8000 per hari delivery 1000 untuk sabtu minggu tidak ada delivery nah di hari ke 9 delivery cell tersebut berubah warna
    Bagaimana rumus nya...terimakasih

    ReplyDelete
  11. Terima kasih mas ilmu nya... Moga mas di beri kemudahan

    ReplyDelete
  12. TRIMS BANG ADMIN.. KALI INI SAYA SUKSES PAKE RUMUSNYA

    ReplyDelete

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7